Categories
Program

Beberapa Antivirus Terkenal Masih Akan Memberikan Dukungan Untuk Windows 7

Pada awal bulan ini Microsoft resmi memutuskan dukungan untuk perangkat dengan sistem operasi Windows 7. Ini berarti bahwa pengguna berpotensi terancam menjadi korban serangan siber dan juga tidak dapat merasakan fitur baru dari Windows.

Meskipun begitu, Microsoft akhirnya ingin memberikan sedikit dukungan untuk pengguna yang masih memilih menggunakan Windows 7 padahal mereka telah menyediakan langkah dengan memberikan update gratis ke Windows 8 terutama Windows 10.

Alasannya karena banyak pengguna terutama di kalangan pemerintah yang belum dapat melakukan update. Namun, dukungan tersebut akan dikenakan biaya berlangganan yang setiap tahun yang mahal.

Beberapa software antivirus menyatakan komitmen untuk memberikan dukungan kepada pengguna Windows 7. Bahkan beberapa peramban internet atau browser juga menyatakan kesediaan unutk memberikan dukungan real-time ketika penggunakan mengakses internet.

Beberapa Antivirus Terkenal Masih Akan Memberikan Dukungan Untuk Windows 7

Salah satunya adalah Google Chrome dan Microsoft Edge serta Mozilla Firefox. Chrome menyatakan akan tetap memberiakn update keamanan untuk browser pada pengguna yang masih menggunakan Windows 7 hingga Juli 2021. Firefox bahkan diklaim masih memberikan dukungan untuk sistem operasi yang lebih lawas milik Microsoft yaitu Windows XP.

Terdapat juga banyak antivirus ternama yang menatakan akan memberikan dukungan untuk perangkat Windows 7 hingga paling lama dua tahun kedepan. Mereka sendiri mengklaim belum tanggal dukungan ini akan berakhir.

Antivirus AVG dan Avast menyatakan akan memberikan dukungan hingga 2 tahun. Walaupun begitu, kedua perusahaan ini tengah sorotan karena skandal kebocoran data dan pencurian data pengguna. Avast diketahui memantau aktivitas internet penggunanya dan menjual data tersebut.

Avira dan ESET juga menjadi dua antivirus terkenal yang telah diketahui sejak lama yang masih akan memberikan dukungan hingga dua tahun kedepan. Begitu juga dengan antivirus ringan yang bernama BitDefender.

Nama Kaspersky juga muncul sebagai salahs atu penyedia yang akan memberikan dukungan untuk Windows 7. Antivirus lainnya yaitu McAfee juga ikut berpartisipasi untuk memberikan dukungan tetapi mereka baru diketahui hanya berencana untuk memberikan dukungan hingga satu tahun kedepan yaitu hingga Desember 2021.

Tiga antivirus lainnya yaitu Symantec, Norton dan Trend Micro yang sama-sama memberikan dukungan hingga 2 tahun ke depan bagi penggunan Windows 7.

Semuanya diketahui menyediakan layanan antivirus secara gratis. Akan tetapi untuk memperoleh dukungan yang lebih baik dan prioritas lebih dianjurkan untuk menggunakan layanan berbayar dari penyedia antivirus tersebut.